Sabtu, 10 Desember 2011

copyscape.com - Melindungi Artikelmu

    Kali ini Dwijayasblog akan membahas mengenai plagiarisme.

    Penggandaan suatu karya masih saja berlansung hingga saat ini, termasuk artikel-artikelmu yang kamu buat atas jerih payahmu sendiri tanpa harus mengambil dari karya orang lain secara mentah-mentah. Yah, paling tidak kita bisa meminta ijin yang punya artikel lewat kotak komentar, email, atau cara lainnya sehingga yang punya artikel tidak merasa dirugikan jika ingin mengambil manfaat dari artikel yang mereka buat.


    Bagi yang masih suka kopi-paste, harus ekstra hati-hati, perhatikan dulu seluruh isi website-nya, cari tahu apakah artikel tersebut dilindungi atau tidak. Kini muncul trend untuk melindungi hasil karya salah satunya
dengan cara memakai jasa copyscape.com.
    Yang punya karya tinggal mengunjungi copyscape.com dan melihat hasil perlindungan yang diberikan copyscape.com kepada mereka. Jika mereka temukan ketidaksesuaian, wah, bisa berakibat buruk bagi yang melanggarnya. Mereka bisa menggadukan ID kamu, lalu meminta pertanggungjawaban-mu, jika sikap cuek yang mereka terima, mereka tidak segan-segan untuk meminta agar akun kamu terkunci. Sadis, ya, begitulah hidup.

    Ada yang perlu kamu lakukan supaya menghindari diri dari cap plagiat, yaitu akses copyscape.com, lalu input alamat web-mu dan tekan 'Go'. Semoga saja hasilnya nihil, meskipun ada, pastikan kamu sudah meminta ijin atau mereferensikan artikelmu.

    Hasil cek copyscape.com terhadap Dwijayasblog :
copyscapecom melindungi artikel dari aktivitas plagiarisme

    Akhir kata,
Dwijayasblog mengucapakan selamat berkarya dengan gayamu sendiri.

Artikel ini saya posting juga di direktori-indonesia.
Referensi membuat menzoom gambar: expandoimage.
Back To Top