Rabu, 16 November 2011

Menghimpun Macros dalam satu file

Untuk mengolah suatu file MS-Excel biasanya kita menggunakan apa yang biasa disebut Macro yaitu suatu rangkaian perintah dan fungsi yang mana tersimpan dalam suatu modul Microsoft Visual Basic dan bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan.

Untuk membuat suatu Macro bisa dilakukan dengan berbagai cara,bahkan kita bisa membuatnya secara otomatis dengan merekamnya.



Membuat Macro dengan cara merekam:
1.Siapkan file yang akan diolah.
2.Klik menu Tools, Macro, Record New Macro….
3.Isikan nama Macro (jangan menggunakan “spasi”, contoh: satuduatiga bukan satu dua tiga).
4.Pada bagian shortcut key ini untuk memudahkan pengaplikasian Macro, boleh diisi boleh tidak.
5.Pada bagian Store macro in ini untuk penempatan Macro yang kita buat. Ada tiga pilihan: This Workbook (Macro hanya disimpan pada file yang bersangkutan), New Workbook (Macro akan disimpan di file MS-Excel yang baru), dan Personal Macro Workbook (Macro akan disimpan di file personal.xls).
6.Pada bagian Description ini untuk mendeskripsikan apa yang akan dihasilkan jika Macro diaplikasikan.
7.Jika anda sudah yakin akan memulai maka klik OK.
8.Lakukan pengeditan file, misal merubah besaran kolom, menghapus kolom, dan lain sebagainya.
9.Jika sudah klik menu Tools, Macro, Stop Recording.
10.Anda dapat mengedit Macro ini dengan cara Klik menu Tools, Macro, Macro…., Edit.

Bila Macro yang kita buat masih tersimpan secara terpisah dan kita ingin menghimpunnya dalam satu file MS-Excel, yang harus kita lakukan adalah:
1.Menempatkan file MS-Excel dengan nama “personal” (tanpa tanda petik) di folder XLSTART (untuk MS-Excel 2003 ada di C:\Program Files\Microsoft Office\OFFICE11\XLSTART  atau anda bisa mencarinya dengan bantuan Search).
2.Yang terjadi adalah ketika anda memulai program MS-Excel,file “personal” ini akan terbuka dan akan selalu terbuka (seharusnya file yang terbuka secara default adalah book1.xls) jika anda tidak menyembunyikannya. Untuk menyembunyikannya, klik menu Windows, Hide lalu keluar dari program MS-Excel, jika anda ditanya apakah akan disimpan, pilih Yes. Setelah itu jalankan kembali MS-Excel dan akan anda temukan bahwa file yang terbuka adalah book1.xls dan file “personal” akan tetap aktif dan berjalan secara tersembunyi (coba klik Windows, Unhide, disitu akan anda lihat bahwa file “personal” ada, dan jika anda klik file tersebut akan terbuka).
3.Untuk memindahkan Macro yang sudah dibuat, maka anda harus membuka file MS-Excel yang didalamnya terdapat Macro dan pastikan file “personal” juga aktif. Lalu klik menu Tools, Macro, Macro…., Edit.
4.Setelah itu anda dapat memindahkan Macro ke file “personal”.
5.Jika sudah tutup semua jendela MS-Excel, pilih Yes untuk menyimpan perubahan.
6.Jika lain kali anda membuat Macro, anda dapat langsung menyimpannya di file “personal” namun pastikan file tersebut diaktifkan.

Demikian penjabaran dari Menghimpun Macros dalam satu file. Semoga dapat membantu anda.


Referensi: Trik MS-Excel: Membuat Macro


Personal Blog | Tutorial Blog | Blog Hiburan
Back To Top