Minggu, 08 April 2012

Teknologi Hybrid Menjanjikan?

Meskipun teknologi hybrid menjanjikan, tetapi tetap saja -bila sukses- tetap mengedepankan proses produski motor hybrid. Dalam perspektrum gerakan “hijau” dengan tegas menolak atau setidaknya meminimalkan proses produksi. Sebab apa? Produksi menjadi mata rantai dalam kapitalisme. Jika memang konsisten dengan gerakan hijau -coba lihat gerakan deep ecology, social ecology, ecosocialism dan ecofeminismp menganggap bahwa kapitalisme menjadi sebab kerusakan lingkungan.

Proses produksi yang dimaksud adalah mulai dari pengerukan sumber daya alam, penggunaan energi untuk mengolah material, penjualan iklan-iklan, dan limbah produksinya juga patut diperhitungkan. dalam menilai sesuatu ramah lingkungan tidak bisa dilihat pada hasil jadinya saja -dalam hal ini motor hybrid- tetapi kita juga harus secara holistic atau melihat mata rantai yang saling terkait.

Alternatif yang ditawarkan adalah, naik sepeda atau naik kendaraan umum, meskipun selama kendaraan umum masih menggunakan bahan bakar fosil, tetapi ini menjadi alternatif utama.
Back To Top